• SMK MUHAMMADIYAH 3 GRESIK
  • ENTREPRENEUR EDUCATION

LUMBUNG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERBAIK

   Islam adalah agama yang mulia dan untuk ummat yang mulia. Agama damai nan bersahaja ini dibawa oleh generasi Quraisy terbaik Muhammad S.A.W. Awal mula kedatangannya di jazirah Arab dipenuhi dengan peluh keringat perjuangan baginda Rasulullah S.A.W., cobaan demi cobaan, rintangan dan halangan, hinaan dan cemoohan selalu menjadi makanan sehari-hari beliau diawal perjuangan penyebaran Islam. Tetapi berkat ketulusan dan kesucian niat beliau dalam menyebarkan risalah damai ini, nilai-nilai kultus Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits bisa kita rasakan sampai saat ini, dan selalu relevan dengan kehidupan ini.

   Untuk memahami Islam secara utuh dan benar, maka kita sangat perlu untuk memahami dan mencintai bahasa kitabnya sendiri. Sebuah bahasa yang diagung-agungkan dan dibanggakan oleh kaum Jahiliyyah; bahasa yang lafadznya mampu menggetarkan sanubari para pecinta Al-Qur’an; bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan yang paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa, bahasa itu adalah bahasa Arab.

لِأَنَّ اللُّغَةَ العَرَبِيَّةَ أَفْصَحُ اللُّغَاتِ وَأَبْيَنُهَا وَأَوْسَعُهَا، وَأَكْثَرُهَا تَأْدِيَةً لِلْمَعَانِي الَّتِي تَقُوْمُ بِالنُّفُوْسِ.

   Perintah atau anjuran untuk lebih mendalami bahasa Arab karena bahasa Arab adalah bagian dari agama kita juga dikatakan oleh beberapa ulama’, diantaranya ungkapan khalifah kedua Umar bin Khattab R.A. :

أَحْرِصُوْا عَلَى تَعَلُّمِ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ فَإِنَّهَا جُزْءٌ مِنْ دِيْنِكُمْ

 “Hendaklah kamu sekalian tamak (keranjingan) mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab itu merupakan bagian dari agamamu”.

Lalu diungkapkan juga oleh Abdul Alim Ibrahim:

اللُّغَةُ العَرَبِيَّةُ هِيَ لُغَةُ العَرُوْبَةِ وَالإِسْلَامِ

   “Bahasa Arab merupakan bahasa orang Arab dan sekaligus bahasa agama Islam”

   Itulah beberapa ungkapan dari sebagian ulama yang menganjurkan kita untuk lebih mencintai dan mendalami bahasa Arab, baik karena bahasa Arab sendiri merupakan bagian dari agama kita (Islam), juga karena bahasa Arab sendiri memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan bahasa – bahasa dunia lainnya.

   Bagi kalian yang ingin bisa lebih menguasai bahasa Arab sejak dini, maka kalian bisa mencoba untuk masuk sekolah jenjang SMP dan SMA di Pondok Modern Darussalam Gontor. Kredibilitas pondok ini dalam mencetak alumni – alumni yang kompeten dan kompetibel dalam bahasa Arab sudah tidak diragukan lagi. Keeksistensian pondok ini dalam mengajarkan bahasa Arab di bumi Indonesia sudah berjalan lebih dari 9 dekade, dan tak ayal kurun waktu yang sudah cukup lama membuat pondok ini sudah berkembang semakin pesat dan sudah memiliki banyak cabang yang menyebar di seluruh penjuru tanah air Indonesia.

 Untuk mengetahui atau membuktikan kredibilitas Pondok Modern Darussalam Gontor dalam mencetak alumni yang kompeten di bidang bahasa Arab, maka kita bisa melihat beberapa sosok tokoh besar negara ini, diantaranya adalah K.H. Hasyim Muzadi, Prof., Dr., K.H. Din Syamsuddin, Dr., H.M. Hidayat Nur Wahid, M.A., Bachtiar Nasir, Lc., dan lain sebagainya.

   Nah, salah satu kabar menggembirakan bagi kalian semua yang ingin belajar Bahasa Arab secara profesional yaitu kalian tidak perlu merogoh saku terlalu dalam pun tidak perlu melancong ke tempat yang jauh, cukup dengan mengenyam pendidikan di SMK Muhammadiyah 3 Gresik maka kalian semua secara otomatis akan mendapatkan fasilitas itu. Hal ini terjadi karena para tenaga pendidik mata pelajaran Bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 3 Gresik merupakan alumnus dari rahim Pondok Modern Darussalam Gontor dan Universitas Al-Azhar Mesir  yang sudah tidak diragukan lagi kredibilatasnya.

   Sistem pembelajaran Bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 3 Gresik secara bertahap selalu kami bingkai dalam ragam kegiatan yang menarik dan relevan. Kami juga mengevaluasi setiap sistem pembelajaran metode lama dan baru agar siswa/I kita yang notabennya bukan dari kalangan santriwan santriwati bisa lebih mudah mencerna materi yang kita berikan. Prinsip dan motivasi fundamental bagi kami selaku tenaga pendidik Bahasa Arab di sini yaitu menata ulang pemikiran sebagian siswa/I kita yang masih beranggapan bahwasanya ini adalah bahasa yang sulit atau ini bukanlah bahasa yang perlu diprioritaskan.

   Semoga Allah SWT selalu meridhoi dan menerangi setiap niat langkah kita. Nasalu-llah khairo-l-jaza’ ilaa nihaayatihaa, Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin.

Yussi F. Shodikun

 

Tulisan Lainnya
Tentang SMK MATIG

Tentang SMK Muhammadiyah 3 Gresik Oleh Majelis DIKDASMEN Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. Ir Bakrun ,M.M, Profesional Trainer Ibu Dewi Chrisanty Hutagaol, Komisi X DPR RI Prof. Dr. H. Za

28/06/2022 07:27 - Oleh Administrator - Dilihat 8 kali
Formasi PASUS SMK Muhammadiyah 3 Gresik

  Penampilan PASUS SMKS Muhammadiyah 3 Gresik di LKBB MAYOR 2022    

28/06/2022 07:26 - Oleh Administrator - Dilihat 12 kali
POSTER LOMBA SEMARAK KEMERDEKAAN

17/08/2021 11:02 - Oleh Administrator - Dilihat 265 kali
Coretan Gadisku

    "aku pamit main ya Bunda?" pintanya. "Jangan nak, lihatlah diluar sana, kita sekarang tak sebebas dulu sayang, semua serba terbatas". Jawabku. "mengapa Bun aku tak bisa s

09/07/2021 07:07 - Oleh Ririn Indrawati - Dilihat 246 kali
BLESSING IN DISGUISE

Di dunia ini telah Allah tetapkan kadar atau takaran yang berbeda-beda bagi setiap ummatNya. Semua hal yang kita usahakan baik berupa nikmat, pasangan, jabatan, dan lain sebagainya ten

08/07/2021 22:40 - Oleh Yussi Fadlilatun Nisa - Dilihat 374 kali
Aku Bisa Apa?

Yaa....... Aku bisa apa? Negeri ini kian menangis Tersengguk Meratapi hari yang makin kelam ini   Menangis atau meringis Melihat mayat antri hendak dikemas Aku bisa apa? Hanya term

08/07/2021 21:36 - Oleh Ririn Indrawati - Dilihat 152 kali
MUTIARA YANG HILANG

19 bulan lamanya kita sudah bersama dia, dialah yang telah membumi di tanah air kita tercinta Indonesia, bahkan di seluruh penjuru bumi ini. Selama 19 bulan pula kita selalu dibayang ba

06/07/2021 20:59 - Oleh Mukhlisin - Dilihat 207 kali